Sabtu, 03 September 2011

MUDIK 2011

Ya,, Mudik adalah agenda rutin dan menjadi tradisi di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri atau juga yang dikenal dengan LEBARAN. Mungkin tradisi mudik ini hanya ada di Indonesia dan satu-satunya di dunia. *maybe

Saya juga kurang tahu istilah Mudik itu sendiri dari mana asalnya. Namun sejak saya dilahirkan ke dunia ini, tradisi mudik sudah ada. :P

MUDIK?? M, U, D, I, K. Mudik merupakan salah satu agenda dimana orang-orang perantauan pulang ke kampungnya masing-masing, atau juga mungkin bisa dikatakan dengan istilah Pulkam (Pulang Kampung). Rasanya, kalau lebaran gak mudik tuh ada yang kurang. Kita tidak bisa mengunjungi keluarga di Kampung, tidak bertemu sanak saudara untuk bersilaturahmi. Jauh atau dekat jaraknya, tetap saja dibilang mudik.

Kali ini, mungkin saya akan sedikit membeberkan positif dan negatifnya dari mudik itu sendiri. Dimulai dari positifnya :
  • untuk pemudik, kita bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara di kampung, selain itu bisa juga menghilangkan rasa kangen terhadap kampung halaman.
  • untuk angkutan mudik, sejumlah pedagang yang ada di terminal ataupun di luar, pengamen, dan elemen lainnya , mungkin ini dapat menambah keuntungan dan penghasilan mereka.
Negatifnya / Kerugiannya :
  • untuk sejumlah profesi mungkin ada yang merasa diuntungkan dan dirugikan. Dari mulai, wartawan, polisi, supir bus dan angkutan lainnya akan merasa diuntungkan karena dapat mengais rezeki yang banyak dengan adanya mudik tahunan ini, namun sebagian dari mereka juga pasti merasa sedih karena di hari lebaran pun mereka harus tetap bekerja. Tapi, ya itulah tuntutan profesi. :)
Mudik biasanya terjadi satu minggu sebelum lebaran atau hari raya Idul Fitri. Tapi dari jauh-jauh hari, para pemudik biasanya sudah membeli tiket, baik tiket kereta api, pesawat, bus dan yang lainnya. Seperti ini lah suasana mudik yang saya ambil dari beberapa sumber di internet.





 
Seperti inilah Mudik Lebarannya. Berdesakan, panas, macet,.. :) **

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar dan saran Anda sangat berarti.. :)