Selasa, 23 Oktober 2012

Fungsi-fungsi Manajemen


Fungsi manajemen menurut beberapa ahli sebagai berikut.

  1. Louis A. Allen               : Leading, Planning, Organizing, Controlling. 
  2. Prajudi Atmosudirdjo    : Planning, Organizing, Directing atau Actuating, Controlling.
  3. Lyndak F. Urwick         : Forecasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.


Penjelasan dari Lyndak F. Urwick
a.       Forecasting
Forecasting merupakan kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. (Manullang, 2001)

Setiap perusahaan harus melakukan forecasting terhadap apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Misalnya memprediksi jumlah konsumen yang akan memakai produk perusahaan. Menaksirkan berapa anggaran yang akan dikeluarkan bulan ini dengan melihat catatan anggaran bulan yang lalu. Hampir sama dengan fungsi planning akan tetapi kegiatan forecasting ini lebih condong terhadap prediksi-prediksi apa yang akan dihadapi oleh perusahaan ke depannya.

b.      Planning
Fungsi planning disini termasuk juga budgeting. Planning dimulai dari perumusan yang paling mudah atau sederhana sampai pada perumusan yang lebih rumit.

Planning merupakan fungsi manajemen dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, menetapkan peraturan-peraturan dan pedoman-pedoman pelaksanaan yang harus dituruti, dan menetapkan ikhtisar biayayang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dari rangkaian tindakan yang akan dilakukan. (Manullang, 2001)

c.       Organizing
Organizing ini merupakan fungsi manajemen dengan cara mengelompokan kegiatan yang akan dilakukan seperti menyusun struktur organisasi, fungsi-fungsi setiap unit yang ada dalam organisasi tersebut dan menetaplam garis komando yang dapat menetapkan sifat dari hubungan antara masing-masing unit dalam organisasi.

d.        Commanding
Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah atau isntruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula. (Manullang, 2001)

Adanya instruksi dari seorang pemimpin dapat mempertegas apa yang harus dilakukan oleh bwahannya. Meskipun sudah adap struktur organisasi dan penempatan tugas-tugas, tanpa adanya komando atau isntruksi dari seorang pemimpin, bawahan bisa saja tidak mengerti hal-hal yang belum dipahami olehnya sehingga membutuhkan saran dari pemimpinnya.

e.       Coordinating
Coordinating merupakan salah satu fungsi manajemen yang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Hampir sama dengan fungsi commanding, coordinating lebih berfungsi untuk menyelaraskan masalah yang dihadapi bawahannya dalam pengerjaan tugas atau pencapaian tujuan. Mengisi kekosongan kegiatan yang berjalan dalam perusahaan. Commanding ini juga dapat membimbing bawahan untuk penyelesaian masalah dan memberi teguran jika bawahannya sudah menyimpang atau tidak sejalan dengan tujuan perusahaan.


f.        Controlling
Controlling adalah fungsi manajemen yang berperan sebagai pengendali atau pengawasan kegiatan yang sudah berlangsung. Controlling dapat juga berupa koreksi terhadap apa yang dikerjakan oleh bawahan agar dapat selaras dengan apa yang dimaksud oleh pihak perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Referensi:
Manullang. 2001. Dasar – Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar dan saran Anda sangat berarti.. :)