Jumat, 28 Desember 2012

Pesona Lembah Putri yang Terabaikan



Mendaki gunung, lewati lembah… Sungai mengalir indah ke samudra…” Begitulah sebaris lirik lagu dari film kartun Ninja Hatori. Begitu pula perjalanan yang akan Anda lewati bila Anda hendak pergi berlibur ke Pantai Pangandaran.
Sekarang ini, siapa sih yang tidak tahu pantai Pangandaran? Bahkan sebagian orang menjadikan pantai Pangandaran sebagai alternatif liburan setiap tahunnya. Apakah Anda sadar, ada satu wisata alam yang tidak dikenal banyak orang? Mungkin tanpa disadari, Anda sendiri sering melewatinya ketika hendak pergi ke Pangandaran. Tidak jauh dari Pangandaran, ada satu objek wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Lembah Puteri.
Saat itu, saya hendak mengunjungi Lembah Puteri dengan alasan belum pernah berlibur ke objek wisata tersebut. Bersama teman saya, dengan mengendarai sepeda motor, saya pergi ke tempat objek wisata tersebut yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer dari Pangandaran.
Jika Anda termasuk orang yang berdomisili di Bandung, maka cukup dengan Rp.40.000,- Anda akan menikmati perjalanan menuju objek wisata tersebut dengan bus AC jurusan Bandung – Pangandaran.
Sesampainya disana, gerbang masih tertutup. Namun, saya dapat masuk melalui jalan kecil dari sela-sela gerbang tersebut Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5000,- untuk tiket masuk ke dalam objek wisata tersebut. Saat ini objek wisata tersebut sudah jarang dikunjungi sehingga terkadang tidak ada petugas yang menjaga pintu masuk.
Di sepanjang perjalanan menuju pantai Lembah Puteri, Anda akan disuguhi dengan pemandangan dari pohon-pohon yang menyerupai pohon cemara. Jalannya luas, mobilpun dapat masuk ke dalam. Tapi Anda harus sedikit berhati-hati karena jalanannya berbelok-belok dan sedikit menanjak. Anda pun disarankan tidak berjalan kaki untuk sampai ke pantainya karena jarak yang cukup jauh. Seperti halnya Pangandaran, Lembah Puteri pun mempunyai pantai yang tak kalah indah. Namun, pantai disana lebih sepi dan tidak ada orang berenang. Objek wisata Lembah Puteri ini terletak di bagian timur sebelum pantai Pangandaran. Tepatnya di desa Ciputrapinggan, kecamatan Kalipucang, Pangandaran.
Terlihat pantai Pangandaran dari atas bukit Lembah Putri

Pantai Lembah Puteri merupakan pantai yang masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dalam perjalanan menuju pantainya, Anda akan menemukan sejumlah anak tangga yang akan mengarahkan Anda ke sebuah pendopo di atas bukit. Dari atas pendopo tersebut, Anda akan melihat berbagai pemandangan indah seperti pantai Pangandaran, perkebunan jati dan pulau Nusakambangan.
Pendopo tersebut didirikan dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun rapi. Luas pendopo tersebut sekitar 100 m2. Atapnya dibuat datar sehingga Anda dapat merasakan pemandangan yang lebih menarik dari atap pendopo tersebut.
Dari atap pendopo tersebut, Anda dapat melihat lebih jelas lagi hamparan laut lepas yang biru. Semilir angin pantai yang menyejukkan jiwa. Ribuan nyiur di pinggir pantai melambai mengikuti arah angin. Deburan-deburan ombak yang bergemuruh serta suasana alam yang dapat membuat hati Anda tenang. Mata Anda pun akan merasa lebih fresh dengan menikmati ciptaan Tuhan yang begitu indah. 
Pemandangan yang terlihat dari dalam pendopo

Namun dibalik semua keindahan yang dimiliki pantai Lembah Puteri tersebut, ada satu sisi yang membuat objek wisata ini tidak lagi dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik. Dari segi fasilitas, para pengelola objek wisata ini kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Sampah berserakan di setiap sudut pendopo. Mungkin ini diakibatkan juga karena kurangnya tempat sampah yang disediakan oleh pihak pengelola objek wisata.
Selain itu juga, objek wisata ini tidak menyediakan penginapan. Sehingga para wisatawan tidak bisa merasakan keindahan panorama pantai Lembah Puteri lebih lama lagi. Jika Anda memaksakan, maka Anda bisa mendirikan tenda di sisi pantai untuk menikmati pemandangan sepuasnya.
Anak tangga menuju pendopo yang berada di atas bukit

Apakah disana ada penjual souvenir? Tentunya tidak ada, karena sekarang objek wisata ini sudah jarang dikunjungi lagi sehingga hanya para warga sekitar yang beraktivitas di dalam objek wisata tersebut.
Seharusnya para pengelola lebih mengoptimalkan lagi objek wisata yang sudah mempunyai potensi luar biasa ini. Sehingga objek wisata ini dapat beroperasi seperti semula. Untuk mendukung kegiatan tersebut, jangan lupa Anda mampir terlebih dahulu ke objek wisata ini sebelum Anda menuju wisata pantai Pangandaran. Dijamin Anda tidak akan menyesal dengan panorama yang Anda nikmati di atas bukit.

3 komentar:

  1. sayang sekali alam seindah itu tidak di kelola secara efektif...jadi pengen hunting juga disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesini aja, mumpung gak ada petugasnya.. Hihi :D

      Hapus
  2. admin,kalau tarif masuknya berapa ? by admin Wisata Pantai Selatan Ba ikut promo untukrekomendasi Hotel di Pangandaran

    BalasHapus

Komentar dan saran Anda sangat berarti.. :)