Resensi Buku : Komunikasi Interpersonal



  1.  Judul Buku                   : Komunikasi Interpersonal
  2.  Nama Pengarang          : Suranto Aw
  3.  Tahun Terbit                 : 2011 
  4.  Nama Penerbit             : Graha Ilmu
  5.  Cetakan                       : Pertama
  6.  Cover Depan                : Nama penulis, penerbit, dan judul buku  
  7.  Cover Belakang            : Tentang penulis, pengantar isi buku, penerbit, dan barcode buku 
  8.  Ukuran Buku                : 23 cm x 16 cm
  9.  Harga Buku                  : Rp.44.800,-
  10.  Jumlah Halaman            : 174 halaman
  11.  Tebal Buku                   : 184 halaman

Salah satu aktivitas yang menonjol dalam kehidupan sehari-hari adalah komunikasi interpersonal. Bentuknya bermacam-macam, misalnya sekedar bertegur sapa, bertukar pikiran, diskusi, koordinasi, lobi, negosiasi, konseli, wawancara, debat,dan sebagainya. Oleh karena komunikasi interpersonal merupakan aktivitas yang dominan, maka sudah saatnya kita memahami lebih cermat prinsip dan teori yang relevan, sehingga kita memiliki kecakapan komunikasi yang lebih baik, dalam suasana hubungan interpersonal yang kondusif dan harmonis.
Dalam menjalin hubungan interpersonal, kita perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung proses komunikasi interpersonal.
Pada dasarnya setiap orang memerlukan komunikasi interpersonal sebagai alat bantu untuk menjalin kerjasama dengan orang lain dalam bidang apapun. Keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kecermatan seseorang dalam mempersepsi stimuli inderawi. Oleh karena itu, persepsi merupakan inti dari komunikasi. Persepsi interpersonal adalah pesan yang berupa verbal maupun non verbal yang disampaikan oleh lawan bicara. Intinya, komunikasi interpersonal akan menimbulkan dampak pada persepsi kedua belah pihak. Selain itu, komunikasi interpersonal dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikannya.
Salah satu hal yang harus ada di dalam komunikasi interpersonal adalah kecakapan dari kedua belah pihak. Kecakapan komunikasi interpersonal bukan hanya keterampilan berbicara. Namun, banyak kecakapan lain yang harus diperhatikan, misalnya, keterampilan sopan santun, kecakapan bertanya, memiliki empati, dan kecakapan yang lainnya. Komunikasi interpersonal juga dapat mempengaruhi perubahan sikap seseorang. Dalam perubahan sikap ini, komunikasi interpersonal berperan sebagai pengalaman agar kejadian tersebut tidak terulang untuk kedua kalinya. Di samping itu, kredibilitas komunikator juga dapat berpengaruh besar dalam perubahan sikap seseorang. Misalnya dari pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat memotivasi seseorang untuk melakukan perubahan sikapnya.
Komunikasi interpersonal harus dilandasi dengan etika yang baik dari kedua belah pihak. Hal ini sangat penting untuk membentuk hubungan dengan orang lain sehingga komunikasi interpersonal dapat berjalan dengan baik. Ini juga berlaku untuk komunikasi interpersonal yang dilakukan melalui media. Presentasi diri saat melakukan komunikasi interpersonal juga harus diperhatikan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa diri kita memiliki nilai plus di mata orang lain. Salah satunya dengan cara berpenampilan menarik. Standar presentasi diri juga dilihat dari kepribadian seseorang.
Buku ini mengemukakan bahwa dalam komunikasi interpersonal, memerlukan kecakapan dan etika dari kedua belah pihak yang menjalin hubungan kerjasama agar sistem yang ada di dalam hubungan tersebut dapat berjalan dengan efektif. Sehingga seseorang yang memiliki hubungan interpersonal dapat  memelihara keharmonisan hubungannya.
Isi dari buku ini sudah mewakili seluruh komponen yang ada dalam komunikasi kelempok. Sayang, bahasannya yang terlalu luas di setiap BAB sehingga seringkali tidak ada kaitannya dengan komunikasi interpersonal itu sendiri. Masih ada kata-kata yang salah dalam pengetikannya. Gambar yang ada pada buku tidak berwarna. Link yang dicantumkan sebagai sumber gambar tidak sesuai karena tidak bisa diakses.
Tapi berbeda dengan buku komunikasi yang lainnya, Suranto sebagai pengarang memberikan beberapa kelebihannya, yaitu kata-katanya mudah dimengerti karena pemilihan kata yang tidak terlalu kaku sehingga membuat pembaca tidak cepat lelah dalam membaca buku ini. Buku ini juga memberikan contoh-contoh yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian buku ini juga dilengkapi dengan uji pengetahuan diakhir pembahasannya sehingga pengetahuan pembaca dapat terasah. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar dan saran Anda sangat berarti.. :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / AFRIANTIES

Template by : AFRIANTIES / powered by :blogger