Senin, 25 Juni 2012

Pemaknaan Terhadap Suatu Benda


1.      Wawancara
Narasumber         : Nopiah Purnama
Alamat      : Ciamis
Profesi      : Mahasiswa, tapi memiliki bakat dalam membuat aksesoris dari bahan flanel.
·       Ide
Ide ini berawal dari kebiasaan suka melamun, kemudian iseng untuk mencoba membuat sesuatu yang baru di sekitar lingkungannya. Akhirnya dia memutuskan untuk memilih membuat kerajinan-kerajinan atau aksesoris yang terbuat dari bahan kain flanel. Diantaranya adalah gantungan kunci, gantungan handphone, alas gelas, bros, tutup pensil, dompet tisu, dompet handphone, dan lain-lain. Tapi yang akan dibahas adalah Gantungan handphone “Smile”.
·       Proses Pembuatan
-        Siapkan bahan dan alat (Kain flanel, gunting, jarum, benang, dakron, lem, dan kertas+pensil untuk menggambar pola).
-        Gambar pola “smile” pada kertas.
-        Kemudian tempelkan pola pada kain flanel, kemudian gunting sesuai pola, masing-masing double. Sehingga ada dua keping bulatan.
-        Jahit secara manual. Setelah mencapai setengah bagian, masukan dakron ke dalamnya. Jahit lagi sampai tuntas.
-        Tempelkan menggunakan lem hiasan seperti mata dan bibir yang sedang senyum, cemberut atau yang lainnya seperti ini J atau L.
-        Kemudian beri gantungan diatasnya. Terlihat mudah akan tetapi kika dipraktekan akan sulit untuk pemula.
·       Pemaknaan terhadap karya yang dibuat
Makna dari karya tersebut adalah menggambarkan ekspresi atau suasana hati mereka dengan memakai gantungan handphone yang dipakai oleh penggunanya.

2.      Analisa tentang karya yang telah dibuat.
Dilihat dari karyanya, sebuah gantungan handphone yang digunakan oleh penggunanya, secara tidak langsung pengguna tersebut telah menyampaikan pesan non verbal  kepada kita yaitu dengan emoticons yang terdapat dalam gantungan handphone tersebut. Tetapi terkadang hal ini juga dapat menimbulkan kesalahan persepsi melalui gantungan handphone atau non verbal yang diterima oleh kita. Misalnya, kita ambil saja gantungan handphone yang gambarnya sedang memakai kacamata hitam dan ada seperti ada cahayanya. Itu dapat menyampaikan berbagai persepsi. Bisa jadi dia sedang silau karena cahaya matahari, bisa saja dia sedang sakit mata, atau hanya untuk bergaya saja, atau penggunanya ingin dibilang keren. Kemudian, dalam penggunaan warna, kenapa warna kuning harus menjadi dasar? Karena warna kuning itu akan menjadi sangat kontras jika dicampurkan dengn warna hitam. Hasil gantungannya akan berbeda dengan hasil dari perpaduan warna kuning dengan putih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar dan saran Anda sangat berarti.. :)